Halaman

Sabtu, 09 November 2013

PENTINGNYA MEMPELAJARI PERILAKU KONSUMEN



PENTINGNYA MEMPELAJARI PERILAKU KONSUMEN 

Memahami konsumen dan proeses konsumsinya memberikan berbagai keuntungan antara lain: membantu manager dalam membuat keputusan, memberikan dasar teoritis bagi peneliti dalam menganalisa konsumen, membantu legislatif dan pemerintah dalam menyusun undang-undang dan membuat keputusan, dan membantu konsumen untuk membuat keputusan yang lebih baik. Lebih dari itu studi tentang konsumen dapat membantu kita untuk lebih memahami tentang faktor-faktor psikologi, sosiologi, dan ekonomi yang mempengaruhi perilaku manusia.
Analisis konsumen merupakan dasar dari managemen pemasaran. Perencanaan dan strategi pemasaran harus disusun berdasarkan pemahaman akan konsumen yang menjadi target pasar bagi perusahaan. Pentingnya pemahaman mengenai konsumen dapat dijumpai dalam definisi pemasaran. Pemasaran adalah aktivitas manusia yang diarahkan untuk memeuni kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran. Dari definisi tersebut ada dua hal penting. Pertama pemasasar berusaha memuaskan kebutuhan dan keinginan orang lain. Kedua, pemasaran melibatkan studi tentang pertukaran dalam mana orang saling menyerahakn sumber daya. Agar menjadi pemasar yang berhasil mereka harus memahami factor-factor yang mempengaruhi keinginan dan kebutuhan konsumen.
Alasan mempelajari perilaku konsumen dapat diiktisarkan sebagai berikut:
            1. Analisis konsumen menjadi dasar bagi manager pemasaran. Hal ini membantu menajer dalam:
a. menyusun bauran pemasaran.
            b. segmentasi
            c. defferensiasi dan product positioning.
            d. menyediakan dasar analisisi lingkungan
            e. mengembangkan riset pemasaran.
            2. Analisis konsumen memainkan peranan kritis dalam pengembangan kebijakan publik.
            3. Pengetahuan mengenai perilakuk konsumen mengembangkan kemampuan konsumen untuk menjadi konsumen yang lebih efektif.
            4. Analisis konsumen memberikan pengetahuan tentang perilaku manusia.
            5. Studi perilaku konsumen memberikan 3 jenis informasi, yaitu:
            a. Orientasi konsumen.
            b. Fakta mengenai perilaku pembelian.
            c. Teori yang membimbing dalam proses berfikir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimah Kasih atas Kunjungan Anda...