Assalamualaikum :: WELCOME TO :: PengabdianQu.com

Sabtu, 18 Mei 2013

Analisis Strategi Pemasaran Global pada PT. Sinar Sosro ( BAB IV )



BAB IV
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
Pada masa sekarang ini, seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, pertumbuhan dan perkembangan perekonomian telah memasuki era globalisasi. Hal ini menyebabkan kompetisi dalam dunia bisnis menjadi semakin tajam. Konsumen yang merupakan orientasi dalam suatu bisnis merupakan kunci utama dalam memenangkan persaingan ini. Apalagi konsumen pun semakin kritis dalam memilih suatu produk atau jasa yang hendak dibeli.
Dalam hal ini SOSRO mampu menjaga kualitas produknya dan selalu menjaga ketersediaan produknya dipasaran dengan melakukan strategi-strategi yang tepat untuk dapat bersaing, Bahan bakunya pun dari teh yang berkualitas pilihan, karena sosro memiliki perkebunan teh sendiri. Semenjak diluncurkan pada tahun 1970, produk teh botol sosro baik rasa, kemasan logo maupun penampilan tidak mengalami perubahan sama sekali. Bahkan ketika perusahaan multinational Pepsi dan Coca cola.
Dalam pencapain PT. Sinar Sosro saat ini ternyata tidak lah semudah yang dibayangkan, PT. Sinar Sosro banyak mengalami kendala serta pengembangan-pengembangan dari tahun ketahun, pengembangan seperti adanya perubahan Botol I, Botol II, dan botol III.
Serta dalam satrateginya yaitu:
  1. Strategi “Cicip Rasa” (product sampling) keberapa pasar kota jakarta. Awalnya, datang ke pasar-pasar untuk memperkenalkan Teh Cap Botol dengan cara memasak dan menyeduh teh langsung di tempat. Setelah seduhan tersebut siap, teh tersebut dibagikan kepada orang-orang yang ada di pasar. Tetapi cara ini kurang berhasil karena teh yang telah diseduh terlalu panas dan proses penyajiannya terlampau lama sehingga pengunjung di pasar yang ingin mencicipinya tidak sabar menunggu.
  2. Dalam pendistribusiannya PT. Sinar Sosro mengembangkan proses integrasi suppley chain mulai dari bahan baku, pengelolaan, packaging sampai produk tersebut didistribusikan ke end user.
  3. PT. SINAR SOSRO sudah merambah pasar Internasional dengan upaya mengekspor produk-produk dalam kemasan kotak dan kaleng ke beberapa Negara seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, sebagian Timur Tengah, Afrika, Australia, dan Amerika. Sosro dikenal memiliki jaringan distribusi yang sangat mengakar. Keputusan mengenai pergudangan dan pengendalian persediaan juga merupakan keputusan distribusi. Ketersediaan (availability) menjadi kunci sukses pemasaran. Pihak Sosro selalu memantau outlet-outlet Sosro dari pengaruh pesaing (competitor) yang berniat menggantikan Teh Botol Sosro.
  4. PT. Sinar Sosro memiliki brand yang sangat kuat dengan ditojolkan kan nya “kata-kata Sosro dalam produk teh Botol Sosro” yang menjadi daya tarik bagi konsumennya.
  5. PT. Sosro memiliki filosopi yang sangat kuat tertanam dibenak konsumennya dengan iklan nya yang selalu menggunakan kalimat “Apapun makannya, minumnya teh botol sosro”.
  6. PT. Sosro melakukan segmentasi produk, Targetting dan positioning dengan sangat bagus.
B.     SARAN
Setelah kelompok kami menyusun dan mengetahui strategi yang diterapkan oleh PT. Sinar Sosro, maka kelompok kami memberikan bebrapa saran :
1.      Berhati-hatilah dengan posisi yang sekarang ini, jangan menganggap ini tidak akan ada pesaing yang mampu menyalip posisi kita, ingatlah dengan kemajuan teknologi tidak ada hal yang tidak mungkin terjadi.
2.      Teruslah berinovasi dalam meningkatkan kualitas perusahaan, dan memberikan kemajuan bagi negara ini, terutama devisa negara, serta dikanca pasar inetrnasional.






Demikianlah Postingan PengabdianQu kali ini, semoga bermamfaat, dan untuk BAB selanjutnya silahkan kunjungi :
1. Analisis Strategi Pemasaran Global pada PT. Sinar Sosro ( BAB I )
2. Analisis Strategi Pemasaran Global pada PT. Sinar Sosro ( BAB II )
3. Analisis Strategi Pemasaran Global pada PT. Sinar Sosro ( BAB III )
4. Analisis Strategi Pemasaran Global pada PT. Sinar Sosro ( BAB IV )

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimah Kasih atas Kunjungan Anda...