Materi : Perilaku Konsumen
Pengertian
Pasar Konsumen adalah semua individu
dan rumah tangga yang membeli atau mendapatkan barang atau jasa untuk konsumsi
pribadi.
Sedangkan Perilaku Pembelian
Konsumen adalah Perilaku pembelian Konsumen akhir ( individu dan rumah tangga )
yang membeli barang atau jasa untuk konsumsi pribadi.
Model
Perilaku Konsumen
Pemasar ingin memahami bagaimana
rangsangan itu diubah menjadi tanggapan dalam kotak hitam konsumen yang terdiri
dari 2 bagian :
1. Karakteristik pembeli
mempengaruhi bagaimana dia mempersepsikan dan bereaksi terhadap rangsangan.
2. Proses pengambilan keputusan
pembelian itu sendiri mempengaruhi perilaku pembeli.
Faktor-Faktor
yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen
Faktor-faktor
Budaya
- Budaya : Serangkaian nilai, persepsi, keinginan, dan perilaku dasar yang dipelajari oleh anggota masyarakat dari keluarga dan instansi penting lain.
- Sub-budaya : kelompok orang yang memiliki sistem nilai yang sama berdasarkan pengalaman dan situasi kehidupan yang serupa.
- Kelas Sosial : Pembagian kelompok masyarakat yang relatif permanen dan relatif teratur dimana anggota memiliki nilai, minat dan perilaku yang serupa.
Faktor-faktor
Sosial.
- Kelompok : Dua atau lebih sekelompok orang yang berinteraksi untuk memenuhi tujuan individu atau tujuan bersama.
- b. Keluarga.
- Peran dan Status. ( Peran terdiri dari sejumlah aktivitas yang diharapkan untuk dilakukan menurut orang-orang di sekitarnya, Tiap peran membawa status yang mengambarkan penghargaan umum terhadap peran tersebut oleh masyarakat.
Faktor-faktor
Pribadi
- Umur dan Tata Siklus Hidup,
- Pekerjaan.
- Situasi Ekonomi.
- Gaya Hidup : Pola hidup seseorang yang tergambarkan pada aktivitas, interest, dan opinion ( AIO ) orang tersebut.
- Kepribadian dan Konsep Diri. ( Kepribadian, sikologis yang membedakan seseorang yang menghasilkan tanggapan secara konsisten dan terus-menerus terhadap lingkungan. Konsep Diri, adalah kepemilikan seseorang dapat menyumbang dan mencerminkan ke identitas diri mereka ).
Faktor-faktor
Psikologis
- Motivasi, kebutuhan yang mendorong seseorang secara kuat mencari kepuasan atas kebutuhan tersebut.
- Persepsi, Proses menyeleksi, mengatur, dan menginterpretasikan informasi guna membentuk gambaran yang berarti tentang dunia.
- Pembelajaran, perubahan perilaku seseorang karena pengalaman.
- Keyakinan dan Sikap, ( keyakinan = pemikiran deskriptif yang dipertahankan seseorang mengenai sesuatu. Sikap merupakan evaluasi, perasaan dan kecenderungan yang konsisten atas suka atau tidak seseorang terhadap suatu obyek atau ide ).
Tipe
Perilaku Pembelian Konsumen
a.
Perilaku Pembelian Kompleks
Perilaku pembelian konsumen dalam
situasi yang bercirikan adanya keterlibatan konsumen yang sangat tinggi dalam
membeli dan adanya persepsi yang signifikan mengenai perbedaan diantara merek.
b.
Perilaku Pembelian Pengurangan Disonansi.
Perilaku pembelian dalam situasi
dimana pembeli mempunyai keterlibatan yang tinggi tetapi melihat hanya sedikit
perbedaan antar merek.
c.
Perilaku Pembelian Kebiasaan
Suatu situasi dimana konsumen
mempunyai keterlibatan rendah dan perbedaan yang tidak jauh antar merek.
d.
Perilaku Pembelian Pencarian Variasi.
Perilaku pembelian konsumen dalam
situasi dimana konsumen mempunyai tingkat keterlibatan yang rendah tetapi
mempersepsikan adanya perbedaan merek yang signifikan.
Proses
Pengambilan Keputusan
- Pengenalan Kebutuhan, Tahap dimana konsumen mengenali permasalahan atau kebutuhan.
- Pencarian Informasi, tahap dimana konsumen tergerak untuk mencari informasi tambahan, konsumen mungkin sekedar meningkatkan perhatian atau mungkin pula mencari informasi secara aktif.
- Pengevaluasi Alternatif, tahap dimana konsumen mengunakan informasi untuk mengevaluasi berbagai merek alternatif di dalam serangkaian pilihan.
- Keputusan Pembelian, tahap dimana konsumen secara actual melakukan pembelian produk.
- Perilaku Setelah Pembelian, tahap dinama konsumen melakukan tindakan lebih lanjut setelah pembelian berdasarkan pada keputusan atau ketidakpuasan mereka.
Proses
Keputusan Pembelian Produk Baru
Produk Baru : Barang, Jasa atau Ide yang
dianggap oleh sebagian calon konsumen sebagai hal yang baru.
Proses
Adopsi : Proses mental yang dijalani oleh
individu melewati dari pertama mempelajari inovasi tertentu hingga ke adaopsi
akhir.
Tahap-tahap
Proses Adopsi
- Kesadaran, konsumen tahu akan produk baru tetapi kekurangan informasi tentangnya.
- Ketertarikan, konsumen mencari informasi tentang produk baru tersebut.
- Pengevaluasian, konsumen mempertimbang kan apakah mencoba produk baru adalah masuk akal.
- Percobaan, konsumen mencoba produk dalam skala yang kecil untuk meningkakan perkiraan besarnya nilai produk tersebut.
- Pengadopsian, konsumen menentukan apakah akan menjadi pemakai tetap atau tidak dari produk baru tersebut.
Pengaruh
Karakteristik Produk terhadap Tingkat Pengadopsian.
Keunggulan
relatif : Tingkat yang menunjukan keunggulan
inovasi terhadap produk yang telah ada.
Kompatibilitas
: Tingkat kesesuaian inovasi dengan
nilai dan pengalaman calon konsumen.
Kompleksitas
: Tingkat kesulitan inovasi untuk
dimengerti atau digunakan.
Divisibilitas
: Tingkat inovasi dapat dicoba
sedikit demi sedikit.
Komunikabilitas
: Tingkat kemampuan hasil penggunaan
inovasi dapat diobservasi atau dijelaskan kepada orang lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terimah Kasih atas Kunjungan Anda...