BAB I
PENDAHULUAN
- LATAR BELAKANG MASALAH
Era
globalisasi dan liberalisasi perdagangan mewarnai milenium baru ( abad 21 ).
Beberapa perubahan telah, sedang, dan bakal terjadi. Bahkan dapat dikatakan
bahwa tidak ada yang tidak berubah, kecuali perubahan itu sendiri ( change becomes constant ). Adanya
kemajuan dalam berbagai bidang, seperti bidang ilmu pengetahuan,
telekomunikasi, teknologi informasi, jaringan transportasi, dan sektor-sektor
kehidupan lainnya menyebabkan arus informasi semakin mudah dan lancar mengalir
antar individu dan/atau kelompok. Dunia sudah terasa ibarat sebuah dusun global
(global village). Batas-batas
geografis maupun negara sudah tidak lagi signifikan. Akibatnya konsumen semakin
terdidik, banyak menuntut, dan memilki posisi tawar menawar (bergaining position) yang semakin kuat.
Kebutuhan dan keinginan mereka berkembang semakin kompleks. Misalnya saja,
konsumen masa kini tidak lagi bisa dipuaskan dengan sekedar menyajikan “ trade off “ antara harga dan kelualitas
produk. Mereka menuntut enam hal sekaligus yaitu : Produk berkualitas tinggi (high quality), Harga yang wajar (fair price), Penyerahan produk yang
cepat (fast delivery), Layanan khusus
(special services), Produk yang
memiliki tingkat fleksibelitas tinggi (high
flexibility), dan Akrab dengan pemakai (user
friendly).
Pada masa
sekarang ini, seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi,
pertumbuhan dan perkembangan perekonomian telah memasuki era globalisasi. Hal
ini menyebabkan kompetisi dalam dunia bisnis menjadi semakin tajam. Konsumen
yang merupakan orientasi dalam suatu bisnis merupakan kunci utama dalam
memenangkan persaingan ini. Apalagi konsumen pun semakin kritis dalam memilih
suatu produk atau jasa yang hendak dibeli.
Untuk
mengimbangi perekonomian global yang cepat berubah ini setiap pelaku bisnis
dituntut untuk dapat meningkatkan daya saing dengan para pesaing-pesaingnya,
baik itu pelaku bisnis yang menawarkan produk, jasa atau campuran antara produk
dan jasa. Dewasa ini salah satu jenis industri yang mengalami perkembangan
industri yaitu yang menawarkan produk makanan dan minuman. Hal ini
dapat dilihat dari semakin beragamnya jenis minuman ringan, seperti jenis
minuman dengan rasa teh, buah-buahan, dan jenis minuman bersoda, juga
banyak merek-merek minuman ringan yang dijual dipasaran seperti Fresh
Tea, Lipton Ice Tea, Tekita, Teh Tjong Dji, Green Tea, Teh Kotak, Sprite,
Fanta, dan Coca cola. Demi memenuhi kebutuhan konsumen yang beragam. Salah satu
produk minuman dengan rasa teh yang telah lama dikenal di Indonesia
adalah Teh Botol Sosro, yang di produksi oleh PT. Sinar Sosro.
Teh
Botol Sosro merupakan salah satu minuman
ringan yang sangat terkenal dan menjadi
produk kebanggaan di Indonesia. Minuman ringan berbahan baku teh ini merupakan
produk asli Indonesia. Di Indonesia, minuman ringan
mudah sekali diperoleh di
berbagai tempat, mulai
dari warung sampai toko-toko kecil. Minuman ringan di konsumsi oleh semua lapisan masyarakat
dari berbagai latar
belakang pendidikan dan pekerjaan. Dengan konsumsi minuman ringan
yang sedemikian luasnya,
produk minuman
ringan bukanlah barang mewah melainkan barang biasa. Keadaan
tersebut disebabkan oleh
perubahan gaya
hidup masyarakat yang menginginkan segala sesuatu dalam waktu yang cepat dan praktis.
Salah
satu perusahaan yang bergerak
dibidang produksi minuman
ringan adalah PT Sinar Sosro. Produk yang dihasilkan berupa minuman ringan dalam kemasan berbagai
merek (Teh Botol Sosro,
S-Tea, Tebs,
Fruit Tea) dan ukuran.
PT Sinar Sosro merupakan
perusahaan pertama Indonesia
dan di dunia yang berani mengolah dan menjual teh dalam kemasan untuk dijual kepada masyarakat. Saat ini, perusahaan ini semakin berkembang walaupun
telah bermunculan
perusahaan-perusahaan lain yang memproduksi produk yang
sama. PT Sinar Sosro dengan teh botolnya saat ini sudah merambah
kemana-mana bahkan sampai keluar Indonesia. Pada perkembangannya, perusahaan dituntut untuk dapat bersaing dengan
perusahaan-perusahaan sejenis lainnya. Persaingan antar produsen minuman
ringan sangat ketat mengakibatkan
lingkup pasar yang semakin ketat
juga.
Dalam
situasi tingkat persaingan yang tinggi, PT Sinar Sosro
memerlukan
strategi pemasaran yang tepat untuk dapat bersaing dan mewujudkan
tujuan perusahaan. Dalam
penyusunan strategi pemasaran,
perusahaan harus lebih memperhatikan
lagi kondisi lingkungan internal dan eksternal perusahaan yaitu yang akan menjadi
dasar perusahaan dalam merumuskan
dan menjalankan strategi
pemasarannya. Strategi pemasaran ini akan memberikan keunggulan dalam menghadapi
persaingan pada industri sejenis.
Selain
itu, perusahaan perlu mengetahui sampai
sejauh mana kondisi persaingan
industri serta analisis lingkungan yang mempengaruhi dalam
industri minuman ringan.
Selanjutnya perusahaan perlu melakukan
evaluasi kembali mengenai
strategi
pemasaran
perusahaan yang telah di terapkan selama ini, apakah telah sesuai dengan kondisi
lingkungan internal dan
eksternal perusahaan yang meliputi kekuatan, kelemahan,
peluang dan ancaman.
Setelah
melakukan evaluasi kembali mengenai
strategi pemasaran, perusahaan dapat menyusun strategi pemasaran yang lebih disesuaikan dengan kondisi lingkungan perusahaan, sehingga dalam aplikasinya
dapat berjalan secara efektif dan efesien. Melalui strategi pemasaran yang efektif dan efesien diharapkan
dapat meningkatkan volume penjualan produk Teh Botol Sosro untuk meraih keuntungan yang optimal.
- RUMUSAN PERMASALAHAN
Masalah perencanaan Strategi Pemasaran merupakan
persoalan yang sangat penting karena sebagian besar perputaran modal dan kemajuan
perusahaan terjadi dibagian ini. Untuk mengatasi masalah tersebut, dibutuhkan
suatu Penyusunan Strategi Pemasaran yang baik dan terarah sesuai dengan situasi
dan kondisi perusahaan yang ada sekarang ini dan situasi lingkungan bisnis
dewasa ini. Apalagi di era globalisasi sekarang ini, persaingan
tidak dapat dihindarkan lagi, tidak hanya datang dari dalam negara iti sendiri,
tetapi juga dari perusahaan pesaing dari seluruh negara diduinia ini, karena
dengan adanya kebebasan dalam dunia pasar. Hal ini sangat perlu dianalisis dan
antisipasi bagi perusahaan, terutama dalam kasus ini yaitu PT. Sosro, agar
tetap menjadi pelopor miniman teh nomor satu diindonesia maupun dunia, PT.
Sosro perlu mengatur strategi yang benar terjamin kekuatannya, agar para pesaing
yg dalam bentuk usaha yang sama maupun berbeda tidak dapat menggeser kedudukan
yang sekarang ini telah menjadi milik dari PT. Sosro itu sendiri.
- TUJUAN PENELITIAN
Tujuan
utama dari penelitian ini adalah mencoba manganalisis strategi pemasaran global
yang diterapkan oleh PT. Sosro dalam dunia pemasarannya, sehingga produk yang
dihasilkannya bisa menembus pasar dunia sehingga bisa melambungkan nama Sosro
kekanca internasional.
Adapun
tujuan dari penilitian ini adalah sebagai berikut :
- Untuk mengetahui strategi pemasaran PT. Sosro terutama strategi pemasaran dalam menembus pasar global.
- Untuk mengetahui implementasi strategi PT. Sosro
- Untuk mengetahui pengembangan saluran distribusi PT. Sosro
- Untuk mengetahui Targetting, Positioning, serta Segmentasion produk PT. Sosro.
- MANFAATPENELITIAN
1. Manfaat
Teoritis
Dengan adanya penelitiaan ini diharapkan,
dapat memberikan tambahan informasi serta dapat memperluas cakrawala berpikir
bagi peneliti, sehingga dapat memajukan ilmu pengetahuan tentang dunia
pemasaran, khususnya strategi pemasaran dalam menjalan sebuah perusahaan dalam
tingkat global/internasional.
2. Manfaat
Praktis
Memberikan sumbangan pemikiran bagi para
pembaca tentang strategi pemasaran yang dilakukan dalam era globalisasi saat
sekarang ini terutama dalam persaingan pasar dalam tingkat global, sehingga
para pembaca bisa mengetahui bagaimana cara mengelolah strategi pemasaran yang
baik serta mengertahui strategi pemasaran global yang diterapkan oleh perusahan
global indonesia yaitu PT. Sosro. Dan setelah pembaca membaca penelitian ini,
diharapkan pembaca bisa menerapkan nya dalam dunia bisnis yang dijalaninya,
sehingga perusahaan indonesia bisa mengikuti jejak PT. Sosro ini dan “ Go
Internasional “ dengan Srategi pemasaran yang matang. Dengan majunya perusahaan-perusahaan
Indonesia, maka akan maju pula Negara ini.
Demikianlah Postingan PengabdianQu kali ini, semoga bermamfaat, dan untuk BAB selanjutnya silahkan kunjungi :
1. Analisis Strategi Pemasaran Global pada PT. Sinar Sosro ( BAB I )
2. Analisis Strategi Pemasaran Global pada PT. Sinar Sosro ( BAB II )
3. Analisis Strategi Pemasaran Global pada PT. Sinar Sosro ( BAB III )
4. Analisis Strategi Pemasaran Global pada PT. Sinar Sosro ( BAB IV )
Demikianlah Postingan PengabdianQu kali ini, semoga bermamfaat, dan untuk BAB selanjutnya silahkan kunjungi :
1. Analisis Strategi Pemasaran Global pada PT. Sinar Sosro ( BAB I )
2. Analisis Strategi Pemasaran Global pada PT. Sinar Sosro ( BAB II )
3. Analisis Strategi Pemasaran Global pada PT. Sinar Sosro ( BAB III )
4. Analisis Strategi Pemasaran Global pada PT. Sinar Sosro ( BAB IV )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terimah Kasih atas Kunjungan Anda...